Pendidikan Staf Administrasi Perkantoran

Untuk bisa menjadi staf administrasi perkantoran, ada beberapa pendidikan dan program studi yang bisa dicapai. Jenjang pendidikan yang sesuai untuk pekerjaan ini yaitu SMK Sekretaris, Akademi Sekretari, dan program studi Administrasi Perkantoran dan Sekretari untuk jenjang sarjana (S1).

Lingkup Pekerjaan Staf Administrasi Perkantoran

Pekerjaan administrasi perkantoran tidak hanya dibutuhkan di ruang lingkup yang besar, tetapi juga di sebuah divisi suatu organisasi. Dalam lingkup yang umum, sekretaris direktur termasuk salah satu pekerjaan administrasi perkantoran.

Secara garis besar, sekretaris untuk membina, menyusun, menyusun, mengarsip, dan mengatur data (seperti jadwal dan dokumen dokumen); sebagai perantara antara pihak eksternal dengan pimpinan; mewakili perusahaan untuk berhubungan dengan pemangku kepentingan; memberikan ide dan masukan; serta menjadi mediator pimpinan dengan bawahan.

Selain sekretaris, ada juga pekerjaan administrasi yang dikhususkan untuk membantu divisi, seperti admin HR, admin penjualan, admin IT, admin ekspor impor. Dari segi pekerjaan, semua staf administrasi kurang memiliki tugas yang sama, yaitu mengarsip, mengagendakan, mendata, mengatur, mengatur, dan menyusun berbagai jenis data; seperti surat-surat hingga penjadwalan.

Keahlian yang Harus Dimiliki oleh Staf Administrasi Perkantoran

Terdengar mudah? Jangan menyepelekan dulu. Pekerjaan sebagai staf administrasi perkantoran membutuhkan sikap dan keahlian khusus yang sebaiknya kamu kuasai. Beberapa keahlian tersebut termasuk:

Profesional

Sikap satu ini memang tidak hanya dibutuhkan oleh staf administrasi, melainkan juga jenis pekerjaan lain. Nah, khusus di pekerjaan administratif, kamu akan dituntut untuk profesional dalam berhubungan dengan atasan, pemangku kepentingan (stakeholder), hingga staf lainnya. Urusan urusan pribadi agar kamu bisa menghadapi hal yang lebih objektif.

Teliti

Karena banyak data dan dokumen yang detail, staf administrasi diharapkan bisa menyelesaikan setiap pekerjaannya. Jika tidak, kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal dalam perusahaan. Contoh sederhananya, Anda membayangkan kamu adalah seorang admin HR yang memiliki dokumen karyawan baru dan salah mengetik gaji nominal di kontrak kerja. Salah satu yang terlihat sepele ini tentu bisa merugikan perusahaan, bukan?

Multitasking

Staf administrasi perkantoran tidak hanya memiliki satu jenis pekerjaan saja. Seperti yangs udah dijabarkan di atas, ada banyak hal yang perlu dilakukan oleh staf admin dalam pekerjaan sehari-harinya. Pekerjaan ini menuntutmu untuk bisa multitasking dan menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan. Misalnya, seorang Sekretaris yang harus mengatur dan menyiapkan dokumen untuk rapat, atau staf admin HR yang harus menyeleksi CV dan membaca jadwal wawancara.

Bukan kamu harus bisa melakukan 2 hal dalam waktu yang bersamaan, namun berarti siap kamu bisa memanfaatkan waktu seoptimal mungkin untuk menyelesaikan berbagai kewajiban sesuai tenggat waktu yang diberikan.

Kemampuan Mengorganisir yang Baik

Sebagian kecil lingkup pekerjaan staf administrasi menyusun hingga mengarsipkan data. Untuk mengerjakan tugas ini dengan baik, tentunya kamu harus memiliki kemampuan penataan yang baik. Selain itu, kerapian juga menjadi nilai tambah yang baik untuk menjadi pekerja administrasi perkantoran, lho!

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *